KasPro ( Komunitas Aqua Scape Probolinggo )

Kini probolinggo punya komunitas baru ,yaitu komunitas berkebun didalam aquarium atau istilah kerennya aquasacpe. Sebut saja KasPro yaitu komunitas aqua scape pribolinggo ,Mz Valentinus Dodi salah satu pelopor terbentuknya KasPro ini  . 
Apa itu aquascape ?

 Aquascape adalah seni menata atau mengatur tanaman di dalam air sehingga menjadi sebuah taman atau kebun air yang indah yang diperlengkap dengan hadirnya ikan-ikan yang cantik.

Banyak orang yang sudah mulai mengenal aquascape dan mempraktekannya sendiri. Untuk mereka yang menyukai seni, aquascape menjadi salah satu cara untuk mengembangkan jiwa seni mereka terhadap taman dan kebun yang indah yang ada di dalam air. Dengan aquarium sebagai sarana utama, dan dengan ikan-ikan hias sebagai pelengkap.

Lalu bagaimana aquascape bisa disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.


Sejarah Dan Perkembangan Aquascape Di Dunia

Aquascape dimulai di Negeri Jepang. Dan berasal dari negeri sakura tersebut. Pada tahun 1990, seni aquascape ini diperkenalkan oleh Takashi Amano yang berasal dari Jepang. Takasi Amano adalah seorang pencinta aquarium

Yang membuat seni aquascape menjadi sebuah seni menata aquarium yang terkenal di seluruh dunia. Ia juga menjadi seorang aquascaper yang paling berpengaruh di dunia. Teknik aquascape Takashi Amano ini meniru sebuah pemandangan alam yang ada di Jepang dengan gaya susuna aimetris yang relatif. Teknik dan gaya aquascape seperti ini menjadi teknik yang paling disukai dan digunakan oleh para aquascaper yang lain. Beberapa spesies tanaman yang unik dan sesuai dengan karakteristiknya, batu serta kayu apung yang bagus dijadikan perpaduan yang menarik dan pemilihan yang tepat oleh Takashi Amano yang kemudian banyak ditiru oleh sebagian besar aquascaper yang mengagumi beliau. Salah satu konsep yang paling terkenal dan banyak digunakan yaitu konsep estetika yang dinamakan konsep Jepang wabi-sabi. Konsep ini menonjolkan sebuah kefanaan dan gaya minimalis dari sebuah seni aquascape.

Iwagumi adalah seorang aquascaper dari Jepang yang juga pintar menata dan mengatur sebuah seni yang cantik pada dunia aquarium. Penempatan batu dan konsep tata letak yang baik oleh Iwagumi menjadi sangat terkenal. Konsep tersebut memang mencerminkan sebuah tradisi dan budaya dari Negara Jepang yang diterapkan pada aquascape. 

Konsep tersebut juga sudah di dibudidayakan oleh hampir seluruh aquascaper di seluruh dunia. Aquscape tersebut mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an. Takashi Amano sampai membuat sebuah galeri tentang alam aquarium di Jepang. 

Di sana banyak dipamerkan tanaman alam aquarium yang menarik yang bisa dipraktekan oleh para aquascaper.

Related

aquascape 578360133780575044

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item